Thursday, November 4, 2010

AWAS 2010

Kegiatan 2 tahun sekali yang diadakan di SMAK Kolese Santo Yusup Malang, yang diadakan pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 29-30 Oktober 2010 kali ini berlangsung meriah. Dengan peserta dari seluruh Siswa SMAK Kolese Santo Yusup yang dibagi-bagi dalam beberapa JASSA ( Jalinan Asih Siswa Se-Daerah / Se-SMP Asal ). Dalam kegiatan kali ini juga diadakan lomba-lomba. Ada sekitar 30 lomba yang diadakan pada acara AWAS 2010 kali ini, seperti Volk Song ( Lagu Daerah ).

AWAS adalah sebuah kegiatan yang diadakan oleh sekolah untuk menampilkan talenta-talenta muda berbakat yang dimiliki oleh siswa-siswi SMAK Kolese Santo Yusup. Tujuannya agar siswa-siswi yang belum mempunyai kesempatan di kancah dunia pendidikan Indonesia dapat mengemabgnkan talentanya. Siswa-siswi juga dapat memperoleh pengalaman dalambidang yang mereka anggap dapat melakukannya.

Pada AWAS kali ini, merupakan AWAS yang paling baik diantara AWAS sebelumnya karena lomba yang diadkan sangat bervariatif. Mulai dari lomba individualis hingga lomba natar JASSA. Disamping itu, anggota JASSA sangatlah aktif. Mereka dapat menuangkan ide-ide masing-masing anggota maupun pembina JASSA ke dalam stand JASSA-nya masing-masing.

Untuk diketahui lebih lanjut bahwa JASSA adalah sebuah perhimpunan antara naggota siswa se-saerah asal siswa-siwi masing-masing. Ide JASSA ini tak sengaja muncul ketika rombongan komite sekolah berangkat ke Nusa Tenggara Timur pada tahun 2006.

Kelebihan dari AWAS yaitu dilihat dari segi sekolah SMAK Kolese Santo Yusup yang merupakan miniatur Indonesia yaitu banyaknya stand-stand yang menampilkan budaya khas masing-masing daerah, misalnya makanan khas daerah, lagu daerah, permainan daerah. Contohnya dari JASSA Soetomo yang merebut juara 1 lomba volk song antar JASSA. Selain itu, JASSA Sulawesi mengenalkan nasi cumi yang dibumbui oleh cairan tinta cumi yang berwarna hitam denga cita rasa seafoodnya yang menggugah selera. Hmmm....

Ada kelebihan pasti ada kelemahan, seperti karena banyak siswa yang tidak mengikuti lomba akan sperti pengangguran. Mereka hanya jalan-jalan mengelilingi dan menikmati lomba, stand JASSA, serta aneka sesuatu yang serba khas daerah masing-masing.



Stand Kalimantan


Juara 1 Lomba Volk Song